Kamis, 23 Januari 2014

MIXER AUDIO



SKEMA MIXER 6 CH
Audio MIXER Modular dengan 6 dan saluran input
banyak teman-teman bertanya sirkuit AUDIO MIXER, untuk
berbagai menggunakan. Saya akan mulai dengan rangkaian yang dapat Anda memproduksi, seperti yang Anda inginkan. Ini
Anda dapat menempatkan dalam modul input sirkuit apapun Anda inginkan, tergantung pada penggunaan yang Anda
berniat MIXER, sama juga untuk jumlah saluran masukan, bahwa Anda akan
pembuatan. Di bawah ini saya akan memberikan cukup sirkuit dengan berbagai tingkat kualitas dan
kompleksitas. Semua sirkuit yang mengusulkan dan sederhana juga mereka mempertahankan, tingkat
yang sangat baik kualitas. Bagi mereka yang mereka tertarik, mereka dapat membuat beberapa kesabaran. Segera saya
akan memberikan proyek, profesional tingkat konsol dari campuran sinyal suara.

MIXER_1.gif (29758 bytes)

Dalam gambar 1 ada sirkuit utama MIXER-6Ch. Itu dikuasai oleh 6 saluran masukan. Saluran dari CH 1-4 yang monophonic saluran. Sirkuit yang akan Anda pilih untuk tempat ini, dapat di masukan koneksi, MENYEIMBANGKAN atau KETIDAKSEIMBANGAN [simetris atau asimetris], memiliki kekuatan hantu, untuk Electret mikrofon, menggunakan berbagai jenis busi masukan. Saluran CH 5-6, ditujukan untuk penggunaan stereo. Jumlah saluran masukan mereka dapat meningkatkan itu sendiri selama Anda inginkan, membuat pilihan antara mono dan stereo sirkuit. Lebih detail untuk sirkuit masukan yang saya akan memberikan secara terpisah untuk setiap sirkuit. Output dari masing-masing saluran drive RV1-6, potesometer peraturan tingkat suara. Dengan RV7-12 kami menciptakan kondisi keseimbangan antara dua saluran [panorama potesometer [keseimbangan]]. Semua sinyal dari saluran masukan di titik ini ditambahkan oleh dua penambah [IC1a-b], untuk masing-masing saluran di sini ada dua Pemangkas TR1-2 yang menyesuaikan gain dari setiap IC, menyesuaikan tingkat sinyal output, di tingkat yang kita inginkan. Mereka dapat ditekan jika Anda tidak perlu seperti sesuatu. Tahap berikutnya adalah EQUALIZER [gambar 9], tiga band peraturan. IC3α-b, merupakan output dari MIXER, mereka yang telah memperoleh satu dan mereka membuat isolasi penting tahap sebelumnya, dengan unit yang kami akan mengantar. Untuk siapa mereka ingin mereka menggunakan headphone, itu ada perjalanan klasik sirkuit headphone, putaran IC2a-b, yang memberikan output dalam JF13. Itu juga bisa ada juga optik petunjuk tingkat audio, dengan STEREO VUMETER. Sirkuit yang Anda dapat memilih antara apa yang saya berikan dalam kategori VU meter atau bahwa Anda ingin. Pasokan berbagai sirkuit menjadi dari power supply yang terhubung ke JF12b dan memberikan berbagai dari tegangan, yang mungkin perlu. .Koleksi


Part List [Fig.1]


R1.....12=4.7Kohms
RV1....4=47Kohms Log. [Fader]
C19-20=220uF 25V
R13.....24=10Kohms
RV5-6-13=2X47Kohms Log. [Fader]
Q1-3=BD139
R25-26=22Kohms
RV7....12=10Kohms Lin. pot. Log.
Q2-4=BD140
R27-30-34-39=100ohms
TR1-2=4.7Kohms  trimmer
IC1-3=NE5532
R28-29-36-37=100Kohms
C1....8=10uF 25V
IC2=NE5532 - TL072
R31-42=10Kohms
C9-11=47pF ceramic or mylar
JF1....6=XLR Female Plug
R32-41=4.7Kohms
C10-12=47uF 25V
JF7....11= RCA Female Plug
R33-40=10Kohms
C13-14=100uF 25V
JF13=JACK Female Plug
R35-38=47ohms
C15-16=2.2uF 16V  [C17-22=No use]

All the Resistors is 1/4W 1% metal film
C18-21=100pF ceramic or mylar




Modules for mono Input Channels


MIXER_2.gif (6496 bytes)

Pilihan sederhana muncul dalam Fig. 2, asimetris [ketidakseimbangan] sehubungan masukan. Menggunakan sirkuit terpadu [IC1], membalik dan kemungkinan keuntungan peraturan unit, untuk tingkat rendah [mikrofon] hingga tinggi [line]. Dengan switch S1 yang kita dapat, apabila dianggap perlu kami memberikan suplai untuk pengoperasian Electret, mikrofon condenset. Tempat IC1 kita dapat menggunakan berbagai dari sirkuit terpadu yang memberikan di bawah ini. Jenis sirkuit terpadu yang akan kita gunakan, tergantung dari jumlah saluran masukan, bahwa kami akan memproduksi, untuk alasan ini saya tidak memberikan juga jenis beton. Pilihan saya sendiri: IC1 NE5534 - NE5532 - LM833-TL072-TL074.


Electronic Balance Mic-Line input Module


MIXER_3.gif (10099 bytes)

Dalam Fig. 3, muncul satu tahap dengan banyak karakteristik yang lebih baik, dalam hubungan simetris [keseimbangan], dengan peraturan yang terus-menerus tahap dari potesometer 22KΩ. Ini memberikan kemungkinan untuk peraturan kepekaan, dari tingkat input rendah hingga tinggi. Dan di sirkuit ini aku tidak memberikan jenis beton untuk IC1-3. Pilihan dapat menjadi dari di bawah daftar, berdasarkan karakteristik masing-masing IC dan proporsional menggunakan untuknya yang kami bermaksud. Pilihan saya sendiri: IC1-2 NE5532 - LM833, IC3 NE5534 - TL071.


Microphone transistors preamplifiers


MIXER_4_5.gif (9022 bytes)

Dalam gambar 4-5, ada dua pilihan untuk preamplifiers mikrofon yang menggunakan transistor, di asimetris [ketidakseimbangan] input koneksi. Untuk penyediaan tahap ini, ada dua pilihan. Pilihan pertama adalah dengan dioda zener lain pilihan, menggunakan tegangan yang memberikan regulator, dari catu daya utama...



Modules for Stereo Input Channels


MIXER_6_7.gif (14033 bytes)

Untuk modul input stereo, ada dua pilihan, yang muncul pada gambar 6-7. Pilihan pertama dalam gambar 6, sehubungan masukan simetris [keseimbangan], sementara dalam gambar 7, ada salah satu koneksi sederhana input asimetris [ketidakseimbangan]. Keuntungan dari juga dua unit adalah salah satu. Keuntungan ini dapat meningkatkan itu sendiri, jika ini perlu, jika kita meningkatkan harga resistor yang sejajar dengan 33pF kapasitor. Resistor ini harus sama antara mereka.


Stereo Phono Preamplifier [RIAA Filter]


MIXER_8.gif (11090 bytes)

8 GB, ada preamplifier klasik agar koreksi RIAA, bagi mereka yang mereka memaksa mereka menggunakan disk vinyl. Untuk presisi baik dalam reproduksi suara, harus bahan-bahan yang menemukan di umpan balik negatif dan benar RIAA, untuk menjadi berkualitas baik, seperti resistor film logam 1%, polypropylene kapasitor dan Mylar. Kapasitor C8, adaptasi pada input, dapat mengubah dengan harga seperti itu, sehingga sesuai dengan karakteristik cartridge yang kita akan menggunakan. Tempat IC1 kami juga dapat menggunakan LM833 atau lain selesai sirkuit terpadu kebisingan yang rendah.


3 Band EQ

MIXER_9.gif (12126 bytes)
Dalam gambar 9, ada sirkuit yang simpel dan klasik EQUALIZER, tiga band, rendah, mid dan high frekuensi, dengan gain peraturan [±18 dB/Oktober]. Semua potesometer mereka adalah dua kali lipat linear dan berkualitas.

Power Supply for 6 Ch MIXER


MIXER_10.gif (11974 bytes)


Catu daya dalam gambar 10, dia sangat sederhana dalam mendesain nya. Ada empat regulator yang kita menyediakan berbagai dari tegangan, bahwa mungkin kita akan membutuhkan. Tegangan dasar adalah ± 15V. Tegangan dari 12V ditujukan pada dasarnya untuk sirkuit VUMETER. Jika kita tidak menggunakan elektronik VUMETER, kita bisa dia menekan. Sendiri itu juga berlaku untuk tegangan 5V, (ditujukan untuk sirkuit input, dengan transistor [gambar 4-5], jika kita tidak menggunakan dioda zener). Untuk sampai 6 input saluran regulator, itu tidak membutuhkan mereka ditempatkan di heatsink. Untuk saluran-saluran lain yang baik akan mereka ditempatkan pada benaman. Baik transformator T1, ditempatkan jauh dengan sirkuit sisanya.


MIXER_11.gif (4807 bytes)

Dalam rajah 11, muncul berbagai pilihan sambungan untuk berbagai jenis busi, yang dapat Anda gunakan dalam semua sirkuit masukan. Perhatian harus diberikan dalam hubungan, sehingga tidak diciptakan bronchuses, sehingga kita memiliki hum. Sesuai petunjuk [HOT] di sinyal di dalam fase, sementara petunjuk [- GOLD] di out tahap sinyal. Semua komponen harus berkualitas baik. .

Typical characteristics for IC's, that I propose

MIXER_12.gif (7710 bytes)
MIXER-6Ch, dapat diproduksi dalam kotak, yang di atas permukaan akan memiliki kecenderungan tertentu. Di tempat yang RV1-6, dapat digunakan potesometer Fader. Jadi jika Anda tidak dapat mencapai dengan pembuatan ini, Anda dapat menggunakan hanya rotatively potesometer di semua tempat.

* Jika Anda menggunakan NE5534, seharusnya Anda menempatkan kapasitor 22pF antara pin 5 dan 8.

Pre Fader Listen [PFL] stage for Audio Mixer

MIXER_13.gif (16075 bytes)

Monitor Sel. From Mixer Input Channel To Headphone

MIXER_14.gif (8621 bytes)

Banyak teman-teman bertanya apakah itu mungkin dalam MIXER s ada juga sirkuit monitor, sehingga mungkin pre-listen saluran tanpa mereka adalah panci terbuka. Fader atau mereka bisa mendengar bahwa itu ada di setiap saluran input, paralel dengan suara bahwa pergi ke output utama, tanpa ada efek nya satu yang lain. Karya ini dia mereka membuat sirkuit yang kuberikan. Dalam Fig.13, ada sirkuit yang mendengarkan ini menjadi dari independen switch, dengan kemungkinan untuk mendengarkan semua saluran, yang kita inginkan. Paralel, ada juga dioda LED D1-6, yang menunjukkan lebih banyak saluran terbuka. Maka ada penguat summing klasik dan potesometer yang mengatur tingkat untuk headphone penguat. Sinyal ini dikenai dengan terutama sinyal, tetapi hanya di penguat headphone. Jika sirkuit menjadi complexer, kita bisa memotong sinyal dari keluar L-R, ketika kita menekan beberapa switch. Dalam Fig.14, ada sirkuit yang membuat pekerjaan yang sama, tapi lebih sederhana. Bukan switch, ada saklar rotari ganda, yang memilih hanya saluran input setiap kali. Tempat IC1, itu dapat memasukkan seseorang dari opamp. yang mengusulkan, akan menjadi pilihan yang proporsional unit yang akan digunakan.
Diposkan oleh Suli Han di 19:11

MIXER

MIXER
Dari namanya aja "mixer" tetapi bukan mixer pembuat kue. Mixer di sini adalah mixer audio. :-)

Pengertian
Mixer adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memadukan pengaturan jalur dan mengubah level serta harmosisasi dinamis dari sinyal audio. Sinyal-sinyal yang telah diubah / diatur dikuatkan oleh penguat akhri atau "Power Amplifier".
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxFTbYMFXzB8tWFGAU1Lk7G2hzRrymK4Qs8qBofch6WgbyDhgQVFMXLakPEA_Ty1rRs8ytsF5kjkCqCgPrg43DVZHGMp20Rbg42Ac6Vp-0o8pP0nKJamm7l19GSqlAhe93LNtRBr9hNhU/s400/IMG0154A.jpg
Tampak mixer secara keseluruhan
Tetapi sebenarnya mixer hanyalah pada bagian ini saja. Aku kasih warna kuning.. Tetapi karena sudah terlanjur semua bagian ini (termasuk equalizer dan yang lain) di sebut mixer, anggap saja betul.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0rkVeWJE8Mf4DFIJYa75jGw1B4qSrmSAV0PnRvf5APZ5n1dw9Knx1UxN6Z5LA4o3YkL0fIkFhy6rRMWHacZ_6DFRvFwGZloBHEEm0rp0OJ9DieP4ur3LxxKpRDxbxShQttpeB0Ykq_N8/s400/IMG0164A.jpg
Mixer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyx9aGnU-r0PhRIM6uHzvV2EXQKMYb4JU3kU7Cn8x2V6BTUwZJYDaGP2saIz7kVvzuEbWL7tbFf8y-Ce9mNqQHB4zl4aml-20JSa1zuHM5sxKSeqtLHutJ54n4yjwBU7bZiEGDM7nc_4E/s400/IMG0156A.jpg

  1 channel pada mixer
Alat ini bisa disebut mixer apabila minimal memiliki 4 channel. Tetapi jumlah channel di perhitungkan berdasarkan kebutuhan. Misal, untuk wayangan, mixer yang digunakan harus banyak channelnya (biasanya 48 channel). Dikarenakan gamelan sendiri ada laras slendro dan pelog, belum mic untuk sindhen, dalang, gerong, dll. Beda untuk pertunjukkan musik, biasa hanya menggunakan 32 channel saja. Dan beda lagi untuk arisan RT, hanya menggunakan 4 channel sudah melebihi cukup. Contoh mixer 48 channel..
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5a8-XeoY45CUXO3IojghhjYaqP_5XBt7bhP_BIAwJy-eshyphenhyphenNyKYEfiAGOeNF1XUgStiAy-qcE4PSrBFkyHVSgvEpd16GYsgqC84kPHQuh0I4T5jx_eebLMOIbZ3Sy3_TuySqm0k4FfUI/s400/1_651838683l.jpg

Jumlah channel mixer biasanya berkelipatan 4 (4,8,12,16,20,24,dst sampai 48). Mixer 12 channel..
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZLNNA8EzUVwoCQr83O8dxFSsXOsEMSwrepnOtkXRDJkQNTUnFiZiJMqG_yFvKGbhdMoMoE7laVy0xb52tZZ5hGHp4nD4nhDERDZZoeLElchQtQrpg7z1ROMc7ogFzW_mKV3kbXI-znSY/s400/IMG0157A.jpg
Struktur Audio Mixer
Jalur input biasanya dibagi menjadi beberapa bagian :
1) Input Jack / penguat muka mikrofon (microphone pre-amp)
2) Basic Input Control
3) Channel EQ (high, mid-high, middle and low)
4) Routing, termasuk Direct Out, Panning Control, pengalamatan Sub-Group
5) Input Fader
6) Sub-Group Fader
7) Input Control, termasuk Master Level Control, EQ dan Matric Routing
8) Auxilliary Send Routing. Tombol ini mengarahkan sebuah sinyal yang masuk terpisah ke sebuah jalur    auxilliary yang dapat digunakan dengan peralatan luar

Macam-macam Auxilliary :
1) Auxilliary Send Prefable
2) Auxilliary Send Post Fader
3) Auxilliary Send Control
4) Auxilliary Retten

Menu Umum Pada Mixer 
1) Gain
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYcThwPpZ0orPV6lyzGVq9HsBTqMUjHH0SF7cn1qbX5whbor3OkEv_S4thqj8Ixo5zeD9PDEbmCjv82-sicovbc2cQLuN9qJOewX4uA43c9FWnlIZLES9FL0OHdlzsUYmSESVCrTsYhk8/s320/IMG0149A.jpg
Disebut juga input lever atau "trim". Biasa terdapat pada urutan paling atas dari setiap channel mixing. Fungsinya untuk menentukan seberapa sensitivitas input yang kita inginkan diterima oleh console, apakah itu berupa sinyal mix atau berupa sinyal lain (keyboard, tape, dll). 

2) PAD
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvSTVQSUi2c5lK7MaqDWdSoVTuS66iuMn6dzylLvX2GOmuumNn70R8btdCYaBag-JqucECHhWQXF4OAoHPzLrxVTs0zCVqEArFJzBl9oFijYeTGukz7Udoum_nnrao8kwFP-YL3pHrpH0/s320/IMG0158A.jpg
Tombol ini difungsikan untuk mengurangi / melemahkan apabila frekuensi yang masuk terlalu tinggi (biasanya ada bunyi "ngiing"). Biasanya mengurangi gain input sinyal mulai dari -20dB samapi -30dB.

3) High, Middle, Low (Pengatur Bass - Trebble)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkVwvfhRvEUsAoxj-lRSWn-yszZcMpH51uLcRuguDM9uCJXkVQQB9_vG8N41hT8yz15lws7BN8vB9h1G8kDJRI78Nbp4ho2tM2NVxURMM6BQuKQX7BoWATdpymgLixGLLaJh9rmer3x2Y/s400/IMG0150A.jpg
Ketiga tombol ini berfungsi sebagai pengatur frekuensi tinggi (High / treblle), frekuensi menengah (middle), dan frekuensi rendah (low / bass). Pada dasarnya ini hanya mengubah atau mengatur bass trebble pada input  berupa suara (manusia, alat musik, dll). Suara seseorang yang nada tinggi dapat dirubah menjadi terdengar rendah ataupun sebaliknya dapat dilakukan di sini.
4) Equalizer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm6mXPWwpMo4wYRfniy17QAl_If6iiRP-Lx2hj0Bbbew6xaPARBQUuJoZF0kAvMngQjMT14N2mQSo9NIBpJJ5cuU-5OfHEVS6kb65c4yLtSWVmRM-VlOOlvj9jq-LXqdoixkd_7D6DUg4/s400/IMG0161A.jpg
Pada setiap channel mixing console selalu terdapat equalizer section, yang fungsinya sebagai tune (nada) untuk memodofikasi suara yang masuk pada channel tersebut. Umumnya perubahan sound melalui equalizer bertujuan untuk :
1. mengubah sound instrumen menjadi lebih disukai.
2. mengatasi frekuensi dari input yang bermasalah (feedback, bengung, overtune, dll).
5) EQ-Fix (Equalizer-Fix)
Pada equalizer tersebut tidak memiliki tombol untuk memilih frekuensi yang akan diseting, karena fungsi yang akan dikerjakan / diatur telah ditetapkan dari pabrik. Biasanya frekuensi itu sama dengan frekuensi cross-over (suara-suara middle). Fungsinya bisa memilih suara 12-15 dB, tergantung mixing console apa yang kamu gunakan.

Keuntungan EQ-Fix :
1) Harga relatif ekonomis
2) Terhindar dari kesalahan pemilihan frekuensi yang akan disetting. Kesalahan ini bisa disebabkan oleh sound engineer yang kurang berpengalaman.
3) Hemat waktu dalam penyetingan.

Kerugian EQ-Fix :
Kita tidak bisa memilih frekuensi khusus yang kita inginkan. Karena frekuensinya sudah ditetapkan oleh pabrik. 
6) Effect
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTnXUEi3Uvy8s0NbgzFpV9dEGil7IXQRysAHtsktveJG_yEVWaDXqjzJDLqdgkZywKyg8eiUXNmigNGd6l4axPQyJ0ftKwfjp3p_ahjjYSwCt4_13dIhx4uwvDKkPKoqvKOOmnO22cAsc/s400/IMG0151A.jpg
Fungsinya sama dengan Auxiliary Output. Outputnya dihubungkan ke alat efek suara untuk menambah efek suara dari input yang diinginkan. Misal, input yang digunakan untuk vocal para penyanyi ingin kita tambahkan dengan gema / reverb, delay, atau chorus. Dari gambar tersebut kita melihat tulisan "Repeat", "PAN", "PFL", dan "Send". 
Send 
Mungkin tombol ini berfungsi dari tombol ini..
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEht2NVTxbpWvEA-r3bDvFAN_pgoFqTtuuiyEE7PELAtMhbB3XJdrey2qOczE0XvisWwymv7RwgyiTvbFNhHGfC9xZhB-3upo699_SJ31hkivPS5xw39_NRyVtSJ1N6bTHnlRfpxrKAFLXo/s400/IMG0163A.jpg
Reverse
Tombol reverse berguna, yang bila diaktifkan akan membalik phase dari channel (positif menjadi negatif). Pada setiap masukan selalu terdiri minimal lebih dari satu sambungan. Misalnya microphone yang dengan konektor XLR pasti terdapat tiga pin (pin1-ground, pin2-hot/positif, pin3 cold/negatif). Bila salah satu pin terbalik (pin2 dan pin3), maka suara yang dihasilkan akan berbeda. Ini sangat terasa bila terjadi pada channel kick drum, kalau pin berada pada posisi benar, maka pada saat kick dihentak, konus speaker akan bergerak kedepan dan menghembuskan udara ke arah anda bukannya ke belakang. Sedang kalau pin terbalik, konus akan bergerak ke belakang dan menghisap udara dari arah anda. 
PFL (Pre fade Listening)
Tombol ini digunakan untuk membantu mendengarkan melalui handphone channel yang mana tombol PFL harus diaktifkan, juga untuk mengecek gain signal pada channel. 

7) Master
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgK0kAFkEdArLAdXl_HvmnqlbMkj1M5kXSJfxAMIxR7r_7rGKZ6H_BNqNdtdy2G5035l8fOfyOuhus70LkfuADYqO5DkT4FkXAl1V_eHusYVIEJB4fsKTdT-m1EdyrdrMwM2NOvdG4v6GQ/s400/IMG0152A.jpg
Setiap auxiliary dari channel memiliki satu tombol lagi sebagai pengatur level untuk keseluruhannya. Misalnya aux 1 setiap channel memiliki master aux 1 untuk mengatur seluruh level dari aux 1 setiap channel. Begitu juga auxiliary lainnya. Bila ternyata masih kurang kuat, tambah lagi, atau bila terlalu keras, kurangi. Semuanya tergantung situasi. Untuk L dan R adalah mengatur volume ke speaker kiri dan kanan. 


8) Mic / Line
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmS8onHF8SVDgcZa71QXRY63DqgnUIzgwqS9bGl7CLYujSaLyjvIsAsLtbnPWRq8vDmXCSm8s5MdME0Pv6H0Av-UzFZGnmL9Jlyx57MotJOAK6ZbKnd8ld4-yfLP0T3-BWAqXoYxdoiew/s400/IMG0159A.jpg
Switch tekan ini untuk mengubah sirkit gain control. Tergantung apakah yang menjadi input adalah mic, effect return atau tape deck/CD. Pada banyak mixing console terdapat terminal input yang terpisah antara mic dan line input pada channel yang sama. Input mic biasanya menggunakan tipe konektor balans 3 pin XLR atau kadang biasa disebut jack Canon / jack RCA (warna merah). Sedangkan line input menggunakan jack seperti yang biasa dipakai jack gitar / jack toa (warna kuning).
Hal ini memungkinkan untuk mencolokkan dua input yang berbeda dalam satu channel, dan switch ini untuk mengaktifkan salah satu input yang kita inginkan di antara keduanya.  


7) Output Line
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi57_hYwWzgGMiQJjax4Gsk1OnGRs17gM9gFr72VRU8qlkCojpiUotqqtvZ2ZLNKftG4ib9dVgB59WU6uIfN1-caD2pCTB83Ow65a0e0sxOL4fbPwDxRSpIabWnWP8hoPhg8KLLyG8y9pY/s400/IMG0162A.jpg
Ini hanyalah output ke speaker. Kebetulan mixer ini adalah stereo, maka outputnya ada dua yaitu left dan right (speaker kiri dan kanan). 

8) Swepable EQ
Biasa disebut "Quasi Paramatric" / Semi Parametrik. Pada EQ yang full paramatric kita dapat melakukan pengaturan untuk setiap parameternya, apakah itu parameter frekuensi, bandwith, ataupun parameter level. EQ tipe ini mempunyai kemampuan setup yang sangat fleksibel, dan biasanya menyediakan pengontrolan mid-range dengan sistim EQ 3 atau 4 jalur.

Cara kerja swepable QE :

1) Lakukan pemutaran pada tombol frekuensi untuk memilih frekuensi yang diatur.
2) Putar tombol "Boost Cut" untuk penambahan atau pengurangan pada frekuensi yang kita pilih tadi. Contoh : untuk mengatur frekuensi Low, Middle, High.
3) Biarkan frekuensi lain pada "Sound Flat".
4) Putar tombol "Boost Cut" sampai habis ke kiri.
5) Putar tombol frekuensi sampai sound yang terdengar "Boomy" (letupan-letupan suara pada speaker) tadi terdengar hilang.
6) Setelah frekuensi yang dicari ketemu, lakukan pengaturan pada tombol "Boost Cut".Kita juga dapat melakukan pengaturan untuk vokal pada frekuensi 3,5 KHz saja, tanpa mempengaruhi keseluruhan frekuensi Hi-Mid (high - middle).
Mungkin ini dulu yang  aku sampaikan, tunggu update tentang mixer ini ya.. Kurang lebih mohon maaf.
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar