Minggu, 26 Januari 2014

Printer canon MP145 colok langsung menyala alarm

Pernahkah teman-teman mengalami seperti saya,  saya sudah 5 tahun menggunakan printer canon MP 145, dan sudah dua kali mengalami hal tersebut di atas. dua tahun yang lalu saya mengalami hal tersebut dan belum berani untuk membuka sendiri printer mp 145.

ceritanya begini " kemarin malam saya sempat print data sekitar 2 lembar, dan seperti biasa setelah ngprint di matikan dan tidur karena malam sudah larut, tapi alangkah terkejutnya setelah pagi dan akan melanjutkan pekerjaan yang tadi malam, eh tiba-tiba printer error,:

1. Ketika di colokkan kabel listrik ke stop kontak, tiba-tiba power printer menyala sesaat dan langsung di ikuti lampu alarm .
2. Coba di matikan dengan tombol power tidak bisa.
3. Akhirnya mencari reseter tetep tidak mempan.
4. Putus sudah harapan untuk menggunakan melanjutkan pekerjaan.

Setelah lama berpikir akhirnya saya mencoba mencari solusi di tempat mbah GOOGLE, tp  gak ketemu juga ( saking bodohnya saya barangkali ya), karena perasaan sudah gak karuan saya beranikan diri untuk membongkar printer MP145 tersebut.

 Saya mencoba meneliti semua kabel barangkali ada yang putus, tapi kok tak ketemu ya, saya mencoba memakai semua  keterangan yang saya dapat dari google, seperti di reset manual hingga software, tp tetep tidak mempan, bagaimana ini. karena sudah seharian di uprek-uprek tidak ketemu akhirnya saya istirahat.

Namun karena pikiran tidak tenang tetep g bisa tidur dech....

Nah dalam istirahat itu akhirnya saya berfikir apa mungkin karena motherboard error, akhirnya jalan terakhir saya tempuh juga walaupun dengan perasaan ragu :

1. Cabut kabel listrik,
2. Ambil dulu cartridge
3 . Buka casing printer tapi harus hati-hati karena ada kabel pita yang mungkin jika salah akan merobek kabel dan kita akan sulit mencari penggantinya.
4. Ambil motherboard
5. Ambil thiner dan bersihkan pcb menggunakan kuas tunggu hingga kering.
disini saya mendiamkannya satu malam.
6. Pasang kembali kedalam casing printer kembali ke semula.
7. Hidupkan dan Alkhamdulillah.............hidup lagi nich printer MP 145 saya..

mungkin ada temen-temen yang pernah mengalami hal tersebut, jangan lupa kasih koment ya........

trimakasih

6 komentar:

  1. printer ane juga gitu gan, hehe makasih gan, ane langsung coba praktek aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata saya bongkar printer mp145 sys cuci tener,dalam 2 hari.tak kunjung perubahan.tetep sama led alarem yg selalu nyala,karena pusing dah pungkas saya cuci pake sabun cuci sy kuas dijemur sampai kering 2 hari baru sy pasang,tetap juga apasih kendalanya?kalau ga ada yg kasih tau akan saya karunngi buang kerongsok lah,dah putus asa

      Hapus
    2. ternyata saya bongkar printer mp145 sys cuci tener,dalam 2 hari.tak kunjung perubahan.tetep sama led alarem yg selalu nyala,karena pusing dah pungkas saya cuci pake sabun cuci sy kuas dijemur sampai kering 2 hari baru sy pasang,tetap juga apasih kendalanya?kalau ga ada yg kasih tau akan saya karunngi buang kerongsok lah,dah putus asa

      Hapus
  2. sma gan punya ana juga gitu tp merkx HP sih...sdh ane cb ambl mainboard dan bersihkan tetap masih eror dan menyala sendiri ketika dicolok tanpa tekan ON/OFF

    BalasHapus